Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese

Sabtu, 10 Juli 2010

Cara Mengunlock Prosesor AMD

Belakangan ini, tren unlock prosesor AMD memang semakin menjamur. Permintaan prosesor unlock pun semakin banyak. Akan tetapi, prosesor unlock sangat sulit untuk mendapatkannya dan bisa dikatakan sebagai undian berhadiah. Seperti membeli kucing dalam karung, kita tidak akan pernah tau apakah prosesor yg kita beli bisa di unlock apa tidak. Kapan lagi bisa mendapatkan processor dual core dengan harga single core, ataupun quad core seharga dual core :D.

Sebagai contoh:
Sempron 140 seharga $40 setelah di unlock akan setara dengan Athlon II X2 240 seharga $56 dengan clock yg sedikit lebih rendah.
Phenom II X2 555 seharga $110 setelah di unlock akan setara dengan Phenom II X4 955 seharga $160.
Athlon X2 5000 seharga $60 dapat diunlock menjadi Phenom X4 dan mendapat bonus L3 cache 6MB.

Jika beruntung, Anda akan mendapatkan prosesor yang dapat di-unlock secara stabil. Jika tidak, Anda akan mendapatkan prosesor dapat di-unlock, tetapi tidak stabil saat bekerja. Bisa juga anda akan mendapati prosesor yang tidak dapat di-unlock sama sekali. Walaupun sebenarnya di pasaran banyak beredar prosesor unlock yang sudah terjamin kestabilannya. Tetapi dengan harga yang sedikit lebih mahal tentunya, karena telah di test kestabilannya.
Proces unlock tersebut sebenarnya tidak membutuhkan keahlian khusus. Baiklah.... akan saya jelaskan apa saja yg dibutuhkan untuk mengunlock sebuah prosesor AMD, yaitu sebuah motherboard dengan southbridge SB710 / SB750 / SB850 dan fitur ACC / NCC supported.
Beberapa merk motherboard yg memiliki fitur acc support adalah ASUS,ASROCK, Biostar, DFI, Gigabyte dan MSI. walaupun tidak semua type motherboard tersebut diatas yang memiliki fitur ACC / NCC di biosnya.


SS sebelum di unlock:





























































Proses Unlocking
Dalam hal unlocking core, proses tersebut sebenarnya sangat sederhana. Yaitu:
1. Masuk ke BIOS.
2. Set Advanced Clock Calibration (ACC) atau Nvidia Calibration Core (NCC) pada AUTO.



















Bagi pemilik Asus dan Gigabyte: Aktifkan "Unleashing" atau mengubah "EC Firmware" ke mode "Hybrid"
3. Save & Reboot PC.
Jika berhasil, prosesor Anda harus memiliki sebutan baru saat booting.




















Selamat, karena Anda berhasil mengunlock processor Anda.
Untuk melihat apakah jumlah core processor anda bertambah... dapat dilihat melalui Task Manager pada bagian performance ataupun menggunakan software2 tertentu seperti CPUZ, Everest dll.
























UJI STABILITAS
Setelah Anda berada di Windows, atau OS lain yang Anda gunakan, Anda harus mulai menguji stabilitas bagi unlocked prosesor Anda. Saya sangat menyarankan penggunaan Prime95 selama 12 jam untuk memastikan stabilitas processor tersebut. Anda juga dapat menggunakan software cinebench untuk pengetesan secara cepat.
Tetapi perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya dari pihak AMD sangat tidak merekomendasikan Anda untuk mengunlock processor.
Semoga ulasan sederhana ini dapat membantu anda. Selamat berburu Procesor Unlock.... :D



Ref:

15 komentar:

  1. koq g bs ya gan...
    padahal dulu procie ku bs di unlock, tp setelah aku load optimize di biosnya malah g mau lagi di unlock.
    tak tau knp ya?

    BalasHapus
  2. coba di turunkan frekwensi NB & HT nya ke 1600mhz bro..

    BalasHapus
  3. makasih gan...
    skrg procie ku bs unlock lagi...

    BalasHapus
  4. berarti ga smw procie AMD bs diunlock ya mskipun MB nya udh ada fitur unlock core..?

    BalasHapus
  5. betul sekali.... fitur unlock yg ada di MB hanyalah sebuah alat... jd klo procie nya kagak memiliki core yg tersembunyi maka tak kan bisa bro....

    BalasHapus
  6. klo bios.a pake pixconn gmna caranya ..??

    BalasHapus
  7. yg penting seting Advanced Clock Calibration (ACC)ke posisi auto

    BalasHapus
  8. aq mo nanya ni gan...aq dh brhasil unlock sempron {tm}140 to athlon II x2. tp kg dr hasil CPU Z pada Core Speed:800.1MHz,ap emg core speed naik turun..? Dan klo ngenet pke mozila gambar pecah2..gmn cara atasina...? trim's

    BalasHapus
  9. @anonim: memang pada saat idel / procesor sedang tidak bekerja, clock procesor akan otomatis diturunkan. klo ingin membuat clock selalu bekerja di 2,7ghz bisa di seting di Control Panel\All Control Panel Items\Power Options\Edit Plan Settings.... klik change advanced power settings... pada bagian procesor power management - minimum procesor state .... ubah menjadi 100%.

    Dan klo ngenet pke mozila gambar pecah2... apakah jika memakai browser lain jg pecah2? jika tidak coba semua setinggan di ati control center di buat default

    BalasHapus
    Balasan
    1. bro, kalo misalnya prosesor saya ga bisa di unlock resiko nya apa bro ?

      Hapus
  10. amd a6 5400k bisa ga yah diunlock?

    BalasHapus
  11. Atlhon X2 270 bisaa d unlock gag yah??..mobo gua GA-78LMT-S2P ..gmna cara nyaa??

    BalasHapus
  12. k mau tanya, klo dah berhasil unlock di bios dah ke baca athlon 2 x2 4400e tp pas mau masuk os ko di layar ga nampil kaya hang gtu knapa y? mohon bantuannya... thx

    BalasHapus
  13. @ boy : itu karna g stabil proc nya.... untuk menstabilkan coba tambahkan sedikit demi sedikit vcore nya ( tegangan untuk procesor)

    BalasHapus
  14. klo ane pake amd athlon x2 250 +motherboard asROCK n68-s bisa di unclock gk?mohon jwbannya

    BalasHapus